Selasa, 14 Agustus 2012

Definisi Northbridge & Southbridge



Northbridge & Southbridge


Gambaran letak komponen MOTHERBOARD


Northbridge


Northbridge secara historis salah satu dari dua chip dalam core logika chipset pada Motherboard PC , chip yang lainnya adalah Southbridge . Bertambahnya fungsi-fungsi chip ini telah bermigrasi ke chip CPU itu sendiri, dimulai dengan memori dan pengendali grafis. Untuk Intel Sandy Bridge dan prosesor AMD Fusion diperkenalkan pada 2011 , semua fungsi dari northbridge berada pada CPU . Ketika Northbridge berada terpisah dari CPU seperti yang digunakan dalam sistem Intel yang lebih tua bernama memory controller hub (MCH) atau integrated memory controller hub (IMCH) jika dilengkapi dengan VGA yang terintegrasi . Pemisahan fungsi yang berbeda ke dalam CPU , chip northbridge , dan chip southbridge ini disebabkan oleh kesulitan mengintegrasikan semua komponen dalam satu chip . Dalam beberapa kasus fungsi dari northbridge dan southbridge digabungkan menjadi satu ketika desain dan kompleksitas proses fabrikasi diizinkan , misalnya Nvidia GeForce 320M di 2009/2010 Macbook Air adalah chip Northbridge combo / southbridge / GPU .

Gambaran Northbridge

Northbridge biasanya menangani komunikasi antara CPU & RAM tetapi dalam beberapa kasus , Northbridge juga menangani PCI Express (atau AGP) video card , dan Southbridge . Beberapa northbridges juga mengandung integrated video controllers , juga dikenal sebagai Graphics and Memory Controller Hub (GMCH) dalam sistem Intel . Karena prosesor yang berbeda dan RAM memerlukan isyarat (signaling) yang berbeda , Northbridge tertentu biasanya akan bekerja dengan hanya satu atau dua kelas CPU dan umumnya hanya satu jenis RAM . Ada beberapa chipset yang mendukung dua tipe RAM (biasanya ini tersedia apabila ada pergeseran untuk standar baru) . Misalnya , Northbridge dari chipset nForce2 Nvidia hanya akan bekerja dengan Socket A prosesor yang dikombinasikan dengan DDR SDRAM , Intel chipset i875 hanya akan bekerja dengan sistem yang menggunakan Pentium 4 prosesor atau prosesor Celeron yang memiliki clock speed lebih besar dari 1,3 GHz dan memanfaatkan DDR SDRAM , dan Intel chipset I915G hanya bekerja dengan Intel Pentium 4 dan Celeron , tetapi dapat menggunakan memori DDR atau DDR2 .

Asal Kata Northbridge

Nama ini berasal dari gaya arsitektur menggambar di peta . CPU berada di bagian atas dari peta sebanding dengan utara karena menganut pada kebanyakan peta tujuan umum geografis . CPU akan terhubung dengan chipset melalui jembatan yang cepat (Northbridge) yang terletak di utara sebagai perantara perangkat sistem lainnya diambil . Northbridge akan terhubung ke seluruh chipset melalui jembatan yang lambat (Southbridge) yang terletak di selatan sebagai perantara dari perangkat sistem lainnya diambil .


Perkembangan Terbaru

Tren keseluruhan dalam desain prosesor adalah untuk mengintegrasikan fungsi-fungsi lebih ke chip yang menurunkan biaya motherboard secara keseluruhan dan dapat meningkatkan kinerja . Memory controller , yang menangani komunikasi antara CPU dan RAM , telah dipindahkan ke prosesor oleh AMD dimulai dengan prosesor AMD64 dan Intel dengan prosesor Nehalem mereka . Salah satu keuntungan memiliki kontroler memori terintegrasi pada CPU adalah untuk mengurangi latency dari CPU-Memory sehingga CPU dapat mengendalikan memori secara langsung . Contoh lain dari jenis perubahan adalah nForce3 chipset Nvidia untuk sistem AMD64 yang merupakan chip tunggal , Itu menggabungkan semua fitur dari southbridge biasa dengan dengan port AGP dan terhubung langsung ke CPU . Pada nForce4 boards mereka menganggap hal ini menjadi MCP (Media Communications Processor) . Intel "Sandy Bridge" prosesor yang memiliki fitur integrasi penuh dari fungsi northbridge ke chip CPU , bersama dengan core prosesor , memory controller dan graphics processing unit (GPU) . Ini adalah evolusi lebih lanjut dari Westmere architecture , yang juga menampilkan CPU dan GPU dalam paket yang sama . 
AMD Fusion prosesor fitur integrasi penuh dari fungsi northbridge ke chip CPU , bersama dengan core prosesor , memory controller dan graphics processing unit (GPU) . Ini merupakan evolusi dari AMD64 , karena pengontrol memori terintegrasi pada CPU di AMD64 .


Northbridge & Overclocking

Northbridge berperan penting dalam seberapa jauh komputer dapat overclocked , karena frekuensi biasanya digunakan sebagai dasar untuk CPU untuk mendirikan frekuensi operasi sendiri . Chip ini biasanya akan lebih panas seperti kecepatan prosesor menjadi lebih cepat , karna itu membutuhkan pendingin yang lebih . Ada batas untuk overclocking CPU , seperti sirkuit digital dibatasi oleh faktor fisik seperti delay propagasi yang meningkat dengan (antara faktor-faktor lainnya) suhu operasi , akibatnya aplikasi overclocking yang paling memiliki perangkat lunak yang dikenakan batasan pada multiplier dan pengaturan jam eksternal .


Southbridge

Southbridge adalah salah satu dari dua chip dalam core logika chipset pada motherboard (PC) komputer pribadi , yang lainnya adalah Northbridge di atas . Southbridge biasanya mengimplementasikan kemampuan lebih lambat dari motherboard dalam sebuah arsitektur komputer Northbridge / Southbridge chipset . Dalam sistem chipset Intel , Southbridge bernama Input / Output Controller Hub (ICH) . Pada AMD , dimulai dengan APUS Fusion , telah diberi label FCH (Fusion Controller Hub) , untuk southbridge-nya . Southbridge yang biasanya dapat dibedakan dari Northbridge karena tidak terhubung langsung ke CPU . Sebaliknya , Northbridge yang mengikatkan / menghubungkan Southbridge ke CPU . Melalui penggunaan controller terintegrasi saluran sirkuit , northbridge dapat langsung menghubungkan sinyal dari I / O unit ke CPU untuk kontrol data dan akses data . Karena dorongan untuk System-on-a-chip (SoC) prosesor , perangkat modern semakin telah northbridge terintegrasi ke CPU sendiri ; contoh adalah Intel Sandy Bridge dan AMD Fusion prosesor (keduanya dirilis tahun 2011) . Dalam kasus tersebut southbridge sedang terhubung langsung ke CPU . Intel Haswell , diharapkan akan tersedia pada tahun 2013 , diharapkan untuk fitur southbridge pada paket yang sama sebagai CPU untuk platform Ultrabook .


Gambaran Southbridge

Sebuah chipset southbridge menangani semua fungsi komputer I / O , seperti USB , audio , serial , sistem BIOS , bus ISA , pengendali interupsi dan saluran IDE . Kombinasi yang berbeda dari Southbridge chip Northbridge yang mungkin , tetapi kedua jenis chip harus dirancang untuk bekerja sama , tidak ada standar industri-lebar untuk interoperabilitas antara desain chipset core logika yang berbeda . Secara tradisional , antarmuka antara Northbridge dan Southbridge adalah bus PCI . Interface menjembatani utama yang digunakan sekarang adalah DMI (Intel) dan UMI (AMD) .


Asal Kata Southbridge

Nama ini berasal dari gaya arsitektur menggambar di peta dan pertama kali digambarkan sebagai seperti dengan pengenalan Arsitektur Bus PCI Lokal di 1991 . Di Intel , para penulis dari spesifikasi PCI dilihat bus PCI lokal sebagai berada di tengah-tengah arsitektur platform PC (yaitu pada Khatulistiwa peta) . Northbridge meluas ke utara PCI bus backbone untuk mendukung CPU , Memory / Cache , dan komponen lain untuk meningkatkan kinerja kemampuan . Demikian juga Southbridge meluas ke bagian selatan PCI bus tulang punggung dan jembatan komponen yang lambat seperti kinerja I / O kemampuan seperti antarmuka disk , audio , dll . CPU terletak di bagian atas dari peta di utara . CPU terhubung ke chipset melalui jembatan yang cepat (Northbridge) yang terletak di utara sebagai perantara perangkat sistem lainnya diambil . Northbridge terhubung ke seluruh chipset melalui jembatan yang lambat (Southbridge) yang terletak selatan sebagai perantara perangkat sistem lainnya diambil . Meskipun arsitektur PC saat ini platform telah diganti tulang punggung bus PCI dengan tulang punggung I / O lebih cepat , konvensi penamaan jembatan tetap .


Functionality

Fungsi ditemukan di Southbridge kontemporer meliputi :
  • PCI bus. Dukungan PCI bus termasuk spesifikasi PCI tradisional, tetapi juga termasuk dukungan untuk PCI-X dan PCI Express .
  • ISA bus atau LPC Bridge . Meskipun dukungan ISA jarang digunakan , telah berhasil tetap menarik menjadi bagian yang terintegrasi pada southbridge modern . Jembatan LPC menyediakan jalur data dan kontrol ke Super I / O (lampiran normal untuk keyboard, mouse, port paralel, port serial, port inframerah, dan controller floppy) dan FWH (firmware hub yang menyediakan akses ke BIOS flash storage) .
  • SPI bus . Bus SPI adalah bus serial sederhana banyak digunakan untuk firmware (misalnya BIOS) flash storage access .
  • SMBus . SMBus ini digunakan untuk berkomunikasi dengan perangkat lain di motherboard (misalnya sistem sensor suhu , pengendali kipas) .
  • DMA controller . Kontroler DMA memungkinkan LPC ISA atau akses langsung ke perangkat memori utama tanpa perlu bantuan dari CPU .
  • Interrupt controller seperti 8259A dan / atau I / O APIC . The interrupt controller memberikan sebuah mekanisme untuk perangkat terpasang untuk mendapatkan perhatian dari CPU .
  • Penyimpanan massal controller seperti PATA dan / atau SATA . Hal ini biasanya memungkinkan lampiran langsung dari drive sistem drive .
  • Real-time clock .  Real-time clock  memberikan laporan waktu persisten .
  • Manajemen daya (APM dan ACPI) . APM atau ACPI fungsi memberikan metode dan signaling untuk mengizinkan komputer tidur atau menutup untuk menghemat daya .
  • BIOS nonvolatile memori . CMOS sistem , dibantu oleh tambahan daya baterai , membuat wilayah non-volatile penyimpanan yang terbatas untuk data konfigurasi sistem .
  • AC'97 atau Intel High Definition Audio antarmuka suara .
  • Out-of-band manajemen kontroler seperti BMC atau HECI .
Secara fakultatif , Southbridge juga termasuk dukungan untuk Ethernet , RAID , USB , audio codec , dan FireWire . Dimana dukungan disediakan untuk non-USB keyboard , mouse , dan serial port , mesin biasanya melakukannya melalui perangkat disebut sebagai saya Super I / O ; masih lebih jarang , southbridge langsung dapat mendukung keyboard , mouse , dan port serial .



Tidak ada komentar: